Apa Itu Kiosk & Bagaimana Perangkat Ini Bisa Membantu Bisnis?

Kiosk merupakan perangkat elektronik yang semakin banyak digunakan di berbagai sektor bisnis. Mulai dari toko ritel hingga pelayanan publik, banyak tempat memilih kiosk untuk bisa membuat proses operasional bisnis lebih baik. Meski begitu, masih ada banyak orang yang belum memahami fungsi kiosk dalam sebuah tempat bisnis. Kurangnya pemahaman ini sering membuat calon pengguna kesulitan untuk memilih solusi kebutuhan bisnis mereka yang tepat. Di artikel ini, Iware akan menjelaskan pengertian dan cara kerja kiosk, serta manfaat yang ditawarkan perangkat ini untuk berbagai jenis usaha.

1. DEFINISI DAN CARA KERJA KIOSK

Kiosk merupakan perangkat elektronik interaktif yang digunakan dalam proses bisnis. Kiosk telah dirancang untuk membantu pengguna melakukan proses transaksi atau mendapatkan informasi tanpa bantuan staf. Perangkat ini dilengkapi dengan banyak fitur, seperti layar sentuh dan konektivitas internet ke berbagai aplikasi bisnis. Umumnya, Kiosk tersedia dalam dua macam berdasarkan sistem operasi, yaitu versi Android dan Windows. Kedua versi ini berbeda dalam ukuran, lokasi penggunaan, dan lainnya.

Kiosk memiliki cara kerja yang mudah dipahami oleh semua orang. Mulanya, pengguna berinteraksi melalui fitur layar sentuh untuk memilih layanan atau produk yang mereka inginkan. Kemudian sistem akan memproses permintaan tersebut dan menampilkan hasil atau konfirmasi di layar. Setelah beberapa detik, pengguna disuruh melakukan proses transaksi melalui berbagai model alat transaksi yang dipasang ke kiosk. Setelah proses transaksi yang otomatis selesai, kiosk akan mengkonfirmasikan pesanan telah diterima dan mengarah pengguna ke cash counter.

2. FITUR-FITUR YANG DIMILIKI KIOSK

Kiosk dirancang dengan fitur yang berguna untuk membantu berbagai jenis bisnis. Setiap unit dilengkapi dengan fitur layar sentuh, memungkinkan pengguna melakukan navigasi dengan sentuhan jari tangan. Fitur ini membantu proses pemilihan produk menjadi lebih efisien dan mengurangi antrian di tempat usaha yang ramai. Selain itu, kiosk juga dilengkapi dengan barcode scanner untuk memverifikasi setiap produk secara akurat berdasarkan kode yang terpasang.

Baik versi Windows dan Android, setiap kiosk memiliki ruang untuk alat transaksi tambahan. Beberapa bisnis memilih menggunakan payment terminal, sementara lainnya mengintegrasikan Android POS All-In-One. Fleksibilitas ini memperluas penggunaan kiosk di berbagai sektor usaha. Untuk mencatat struk transaksi, kiosk juga menyediakan slot untuk pemasangan mobile printer atau desktop printer thermal. Dengan kombinasi fitur tersebut, kiosk mampu memberikan pelayanan cepat dan efisien untuk berbagai bisnis.

3. PEMAKAIAN KIOSK DI VARIASI BISNIS

Kiosk memiliki berbagai fitur yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi pelayanan. Dengan keunggulan yang diterapkan, banyak perusahaan mulai memanfaatkan perangkat ini sebagai bagian dari sistem operasional bisnis mereka. Saat ini, kiosk digunakan untuk mempercepat proses pelayanan dalam berbagai sektor bisnis.

3.1. RESTORAN

Kiosk menjadi perangkat yang penting di berbagai jenis restoran. Setiap hari,restoran cepat saji, kasual, sampai restoran etnis melayani banyak pelanggan dengan menu makanan yang beragam. Dengan banyaknya pelanggan yang datang untuk makan sendirian atau bersamaan, setiap restoran perlu menjaga konsistensi dalam kualitas pelayanan. Untuk menjaga efisiensi dan mempercepat proses pemesanan, mereka membutuhkan perangkat yang mampu menampilkan seluruh menu makanan dalam satu sistem yang mudah digunakan. Beberapa restoran juga memerlukan alat yang bisa memperbolehkan pelanggan untuk memesankan makanan dengan lebih praktis dan efisien.

Disinilah kiosk berperan penting dalam mendukung kelancaran operasional restoran. Dilengkapi dengan fitur layar sentuh, pengguna bisa berinteraksi dengan kiosk untuk bisa memilih menu makanan favorit mereka. Pengguna juga bisa melakukan proses transaksi di kiosk secara langsung dengan pemakaian payment terminal atau mobile POS All-In-One di perangkat. Setelah itu, pelanggan bisa mendapatkan struk pembelanjaan yang akurat melalui printer thermal yang dipasang di kiosk. Hasilnya adalah pelayanan menjadi lebih efisien dan antrian di kasir berkurang, sehingga pelayanan pelanggan meningkat secara keseluruhan. Saat ini, banyak restoran ternama mulai dari McDonald’s hingga Solaria menggunakan kiosk sebagai bagian dari transformasi digital mereka dalam melayani pelanggan dengan lebih cepat dan nyaman.

3.2. SUPERMARKET

Kiosk memiliki peran yang penting dalam mendukung operasional supermarket. Setiap hari, supermarket menyediakan ribuan jenis produk untuk dijualkan kepada banyak konsumen. Mulai dari pakaian sampai kebutuhan sehari-hari seperti bahan makanan, supermarket memerlukan volume transaksi yang tinggi dari konsumen. Masalahnya, masih ada banyak supermarket yang menggunakan teknologi komputer yang kuno, terutama di luar area kasir Untuk bisa membuat operasional bisnis lebih optimal, setiap supermarket akan mencari pengganti yang bisa menangani proses tersebut lebih efisien.

Kiosk hadir sebagai solusi untuk bisa memperbaiki efisiensi di lingkungan kerja tersebut. Kiosk memiliki sistem operasi Windows yang mudah digunakan dan stabil, sehingga membantu pelanggan menelusuri produk dan memeriksa harga produk. Kiosk juga memiliki fitur tambahan seperti barcode scanner yang memungkinkan pelanggan untuk bisa memindai produk secara langsung untuk mengetahui informasi harga atau detail produk tersebut. Melalui integrasi dengan sistem kasir dan pencatatan penjualan yang diproses di tempat kasir, kiosk mengurangi antrian di kasir dan mempercepat alur transaksi di area pembayaran. Penerapan kiosk di supermarket juga meningkatkan kenyamanan pelanggan sekaligus memperkuat citra bisnis yang modern dan inovatif. Merek supermarket seperti Hokky, Hypermart, Lotte Mart, dan lainnya bisa bermanfaat dari mengimplementasikan kiosk di gerai mereka.

3.3. BANDARA DAN STASIUN KERETA API

Kiosk bisa membantu bandara dan stasiun kereta api dalam meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan. Kedua lokasi tersebut melayani ribuan hingga jutaan penumpang setiap harinya untuk perjalanan domestik maupun internasional. Biasanya, banyak penumpang akan membeli tiket pesawat atau kereta api melalui proses transaksi sebelum memasuki lokasi. Sebelumnya, Sebelumnya, proses pembelian tiket dan check-in masih bergantung pada sistem kasir manual yang memerlukan waktu cukup lama. Selagi perkembangan teknologi dan meningkatnya jumlah pelanggan, kedua lokasi tersebut memerlukan perangkat yang lebih efisien dalam mendukung operasional di area tersebut.

Kiosk hadir sebagai jawaban atas kebutuhan yang diminta bandara maupun stasiun kereta api. Kiosk telah dilengkapi dengan fitur layar sentuh interaktif, memperbolehkan pengguna untuk melakukan navigasi menu, memilih jadwal perjalanan, sampai melakukan proses transaksi secara mandiri. Perangkat ini juga memiliki barcode scanner, memungkinkan pelanggan memindai tiket atau boarding pass secara cepat dan tanpa banyak masalah. Beberapa model kiosk dilengkapi dengan printer thermal untuk mencetak tiket fisik atau bukti transaksi secara instan. Dengan kombinasi fitur-fitur tersebut, kiosk membantu mempercepat proses pelayanan, mengurangi antrian, serta meningkatkan pengalaman penumpang di area tersebut.

3.4. BIOSKOP

Kiosk memiliki peran penting dalam meningkatkan efisiensi operasional di bioskop. Setiap hari, bioskop menayangkan berbagai film lokal maupun internasional yang menarik banyak penonton. Sebagian besar penonton membeli tiket langsung di lokasi, sehingga dibutuhkan perangkat yang efektif serta mudah digunakan untuk mengatur proses pemesanan. Selama ini, banyak jaringan bioskop masih mengandalkan komputer kasir dengan papan ketik atau layar sentuh sederhana. Seiring meningkatnya jumlah pengunjung dan kebutuhan akan pelayanan mandiri, bioskop akan memerlukan solusi yang lebih modern.


Kiosk hadir sebagai jawaban akan permasalahan yang dihadapi bioskop. Melalui fitur layar sentuh yang bisa diajak berinteraksi, pengguna dapat memilih film, jadwal, serta kursi sesuai keinginan mereka. Setelah proses pembayaran selesai, pengguna bisa mengambil tiket mereka yang telah dicetak oleh printer thermal di kiosk sebagai bukti masuk studio. Perangkat ini juga memiliki barcode scanner, memperbolehkan pelanggan yang telah membeli tiket secara online untuk melakukan pemindaian cepat tanpa perlu antre di loket. Kombinasi fitur ini membuat proses pembelian tiket menjadi lebih efisien dan mengurangi waktu antrian yang tidak berguna. Oleh karena itu, kiosk bisa direkomendasikan ke perusahaan di bisnis bioskop seperti Cinema XXI, CGV, Cinemaxx, dan lainnya. 

3.5. TEMPAT PELAYANAN PUBLIK 

Kiosk memiliki tugas yang penting dalam berbagai tipe tempat pelayanan publik. Setiap hari, ribuan masyarakat datang ke instansi pemerintah maupun lembaga publik untuk melakukan aktivitas seperti pembuatan serta pembaruan SIM, pembuatan KTP, pendaftaran BPJS, dan administrasi lainnya. Tidak seperti variasi bisnis lainnya, tempat pelayanan publik harus memberikan layanan yang merata dan cepat kepada setiap warga.. Beberapa lembaga seperti rumah sakit bahkan menghadapi tantangan tambahan karena harus mengatur alur pelayanan pasien di tengah kegiatan operasional medis yang padat. Oleh karena itu, lembaga-lembaga tersebut membutuhkan solusi teknologi yang dapat membantu mempercepat proses pelayanan tanpa pengurangan kualitas.

Di sinilah kiosk menjadi solusi yang efektif dalam memenuhi kebutuhan berbagai tempat pelayanan publik. Kiosk memiliki fitur layar sentuh interaktif yang memperbolehkan pengguna untuk navigasi ke berbagai opsi layanan dengan mudah dan mandiri. Kiosk juga diintegrasikan dengan printer thermal, memungkinkan pencetakan tiket antrean secara cepat, sehingga alur pelayanan menjadi lebih teratur dan efisien. Dengan penerapan kiosk, tempat pelayanan publik bisa meminimalkan antrian panjang, mengurangi beban petugas administrasi, dan meningkatkan kenyamanan masyarakat yang datang ke area. Kiosk telah digunakan di berbagai tempat pelayanan publik dalam negara Indonesia, seperti Siola di Surabaya dan lainnya.

4. JIKA MAU MENDAPATKAN KIOSK, PERGI KE IWARE SAJA

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki kiosk, perangkat elektronik ini menarik perhatian pebisnis yang ingin memperbaiki efisiensi operasional bisnis mereka. Iware siap membantu setiap calon pebisnis dalam memilih dan menggunakan kiosk berbasis Android maupun Windows sesuai tujuan bisnis. Selama lebih dari satu setengah dekade, Iware telah berpengalaman dalam menyediakan berbagai macam perangkat elektronik yang dirancang menunjang produktivitas dan kualitas operasional bisnis. Melalui perangkat kiosk, Iware berkomitmen untuk membantu perusahaan dari berbagai sektor untuk bisa mempresentasikan  pelayanan yang lebih modern, cepat, dan efektif. Bagi Anda yang ingin mengintegrasikan kiosk ke dalam sistem bisnis, lebih baik pilih ke Iware untuk mendapatkan model yang tepat dan berkualitas.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *